Pernahkah kamu berfikir akan berakhir dan menjadi apakah barang-barang yang sudah tidak terpakai atau sampah yang ada di sekitar kita, akankah hanya hanya menjadi sesuatu yang tidak berguna atau menjadi sesuatu atau bentuk lain yang berguna?, menurut para ahli setiap harinya kita bisa menghasilkan sampah sebanyak 2,5 liter per orang atau 75 liter perbulannya. 

Bayangkan  jika ada 1.000 rumah tangga (KK) masing-masing terdiri dari empat orang, akan dihasilkan sampah sebanyak 300.000 liter wah wah wah mau diapakan ya sampah-sampah itu?, apalagi jika sampahnya yang tidak bisa diurai oleh tanah bahkan bisa menjadi racun seperti plastik yang jika solusi akhirnya dibakarpun akan memicu lepasnya zat beracun seperti dioksin yang dapat bisa memacu penyakit pada saluran pernafasan dan kanker paru-paru.


Untuk itu perlu  dilakukan pengelolaan limbah yang serius diantaranya bisa dimulai dari rumah tangga kita sendiri misalnya dengan cara yang paling sederhana seperti memisahkan sampah yang organik dan non organik, meminimalkan sampah non organik seperti kantong plastik yang sebenarnya bisa digunakan berkali-kali. Sebenarnya ada solusi lain yang mempunyai nilai ekonomis tapi masih jarang orang pakai yaitu mendaur ulang sampah-sampah tersebut yaitu mendaur ulang bahan tersebut menjadi bentuk lain yang mempunyai nilai jual, pengelolaan limbah seperti ini cocok untuk ibu rumah tangga karena bisa menambah pemasukan dan secara tidak langsung juga ikut menjaga kelestarian alam kita dari limbah-limbah yang berbahaya bagi lingkungan.

Banyak sekali material limbah yang ada di sekitar kita yang sebenarnya bisa menjadi sesuatu yang indah dan bernilai ekonomis diantaranya seperti botol plastik bekas air mineral, koran, kertas, kantong plastik dan sebagainya, tinggal ditambah sedikit kejelian dan kreatifitas kita untuk memilah-milah limbah tersebut untuk dipoles menjadi barang yang mempunyai nilai jual dan seni. Bagi yang tertarik silahkan mulai mencobanya hehehehehehe....semoga bermanfaat bagi kita semua.

* sumber gambar
http://mcrianbzz.blogspot.com
nanda-greentheearth.blogspot.com
iatmi-cirebon.blogspot.com
barangdaurulang.blogspot.com
asbi123.wordpress.com 


Categories:

3 Responses so far.

  1. Memang kreatif yaa...
    Liat itu semua Kyakanya gak ada barang yang gak berguna XD

    Maju terus blognya Sobat !! \m/

  2. Rezkiji says:

    sumpah...kreatif banget :D
    ane salut deh...
    --------
    mantab artikelx
    ssukss sll sob. :D

  3. saya mau beli tas yang dari limbah palstik itu dong :) yang dibuat dari bungkus-bungkus palstik sampah itu yang ada bungkus milo, kacang mayasi sama tas yg diatasnya. tapi dikirim secepatnya ya soalnya buat tugas kampus hari kamis depan . bisa gak yah? kira2 nyampe kirimannya berapa hari ya? makasih

Leave a Reply

Silahkan Menulis Komentar Sobat (~o ̄▽ ̄)~o Mohon Untuk Tidak Menulis Konten Kasar Dan Berbau Sara...


Informasi
Yang Berminat memesan barang yang berada di galeri toko craft bisa melakukan pembayaran
Via Bank Mandiri Cabang AA Selatan Bandung
No Rek. 130-00-0412565-7 Atas Nama Dewi Ratnasih

Untuk Barang "Ready Stock" Pembayaran 100% kecuali untuk yg waiting List Pemesan Hanya Membayar 60% dari harga yg telah ditentukan

Order Via Tlpn/SMS/email untuk konfirmasi ketersediaan barang
SMS : +6281321178323
email : valkyrie_hascome@yahoo.com

Cara Order Tulis Nama Lengkap, Alamat,email, dan kode barang yang akan dipesan khusus via email isi subject dengan "Order Toko Craft"
setelah ada konfirmasi dr kami silahkan kirim pembayaran ke rekening kami, Setelah Bukti Pengiriman Sampai kami Akan Langsung Mengirimkan Barang Pesanan Anda

*harga belum termasuk ongkos kirim